Lanjut ke konten
Kawal COVID-19
Mode warna

Aplikasi KawalCOVID19

Perangkat selular memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan hampir setiap hari, pembaca website KawalCOVID19.id menghabiskan waktu lebih banyak dengan perangkat selular dibandingkan dengan komputer atau laptop.

Hal ini yang mendasari tim relawan untuk membuat aplikasi KawalCOVID19. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, pengguna mobile khususnya Android dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang terpercaya seputar COVID-19 di Indonesia.

Terima kasih kepada komunitas Android di Indonesia yang telah memberikan arahan mengenai framework, cara kerja, dan mengawal tim mobile sampai saat ini.

Aplikasi Android dapat diunduh melalui pranala berikut ini:

Aplikasi KawalCOVID19 tidak tersedia di Android Play Store maupun Apple App Store dikarenakan Google dan Apple memblokir hampir semua aplikasi yang berkaitan dengan Covid19 untuk mencegah adanya kesalahan informasi. Sumber disini.


Cara Instalasi di Android

Berikut langkah langkah yang dilakukan untuk melakukan proses instalasi aplikasi KawalCOVID19 :

  1. Unduh aplikasi terlebih dahulu melalui pranala diatas.
  2. Setelah mengunduh aplikasi, silahkan buka berkas yang telah diunduh yaitu kawalcovid19-2.1.0.apk.
  3. Di layar perangkat Android akan muncul tampilan yang menanyakan instalasi dari sumber yang tidak dikenali oleh perangkat Android seperti dibawah ini.
Ini akan muncul jika pengunduhan pranala dilakukan melalui aplikasi Chrome. Tekan tombol Settings / Pengaturan untuk melanjutkan proses instalasi.
  1. Pada tahap ini proses instalasi akan meminta izin penambahan aplikasi yang berasal dari unduhan di aplikasi Chrome seperti pada gambar dibawah ini.
Geser ke kanan pada Allow from this source / Izinkan dari sumber ini untuk memberikan izin agar aplikasi dapat di install melalui aplikasi Chrome.
Setelah selesai tekan tombol back atau kembali ke halaman proses instalasi.
  1. Halaman instalasi dari pengunduhan pranala akan berubah menjadi tampilan seperti gambar dibawah. Tekan install untuk melanjutkan proses instalasi.
  1. Setelah tekan install / pasang maka akan muncul tampilan berikut pada layar android yang menyatakan bahwa aplikasi KawalCOVID19 sedang dalam proses instalasi ke perangkat Android.
  1. Apabila layar diatas telah selesai, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini
Tekan tombol Open / Buka pada layar diatas.
  1. Setelah tekan tombol Open, maka perangkat Android akan menampilkan aplikasi KawalCOVID19.

Semoga membantu dan selamat mencoba.