Lanjut ke konten
Kawal COVID-19
Mode warna

KawalCOVID19 untuk mengurai derasnya informasi seputar COVID-19

Kawal COVID-19's Avatar
Kawal COVID-19Tim administrator situs KawalCOVID19.id

Pada Minggu pagi tanggal 1 Maret 2020, sehari sebelum pengumuman dua kasus positif COVID-19 di Indonesia, sebagian relawan KawalPemilu meluncurkan inisiatif KawalCOVID19 untuk menjadi sumber informasi terpercaya seputar COVID-19 di Indonesia. Inisiatif ini diluncurkan karena keprihatinan akan kesimpangsiuran informasi yang beredar di Indonesia mengenai COVID-19.

Website kawalcovid19.id beserta akun-akun media sosialnya @KawalCOVID19 di Facebook dan Twitter akan dimutakhirkan berkala dengan esensi isi:

1/ Informasi

Kurasi dan analisis atas informasi yang beredar (news explainer / newsplainer), dengan mengedepankan hanya poin-poin yang berdasarkan bukti dan fakta, bukan hipotesis, opini atau dugaan.

2/ Verifikasi

Membantah kabar burung, mengklarifikasi informasi yang simpang siur dan memberikan penjelasan yang lugas. Untuk fungsi verifikasi, KawalCOVID19 bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah dan Hoax Indonesia (Mafindo).

3/ Edukasi

Menyampaikan ke publik hal-hal yang perlu dan bisa dilakukan, hal-hal yang perlu dihindari, serta tips-tips kesehatan lain yang mudah diaplikasikan oleh setiap orang dan kelompok masyarakat, seperti di sekolah, tempat kerja, rumah makan dan tempat-tempat umum.

Tim relawan KawalCOVID19 terdiri dari netizen Indonesia pro data yang sebagian berlatar belakang medis, edukasi, sains, riset, teknologi dan komunikasi massa. Tim relawan membagi dirinya dalam tiga tim:

  • Tim teknologi – yang menyiapkan infrastruktur teknologi. Tim ini dipimpin oleh Zain Fathoni dan didukung dengan artificial intelligence oleh Kata.ai.
  • Tim data – yang memonitor perkembangan isu baik di Indonesia maupun luar negeri, mengumpulkan informasi yang beredar, mengecek akurasinya serta menganalisa.
  • Tim konten – yang membuat tulisan beserta visualnya untuk dipublikasikan.

Sebagian relawan KawalCOVID19 adalah warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dan sudah lebih dulu mengalami hidup di komunitas yang positif COVID-19.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Facebook Messengerm.me/KawalCOVID19
Facebookfb.me/KawalCOVID19
Twitter@KawalCOVID19
Situskawalcovid19.id