Lanjut ke konten
Kawal COVID-19
Mode warna

Cara Gampang Membunuh Virus

Alasan pentingnya rajin mencuci tangan dengan sabun.

Kawal COVID-19's Avatar
Kawal COVID-19Tim administrator situs KawalCOVID19.id

Virus SARS-CoV-2 itu seperti apa?

Secara umum, virus terdiri dari material genetik (RNA atau DNA), protein, dan lipid (lemak). Demikian pula virus SARS-CoV-2 yang terdiri dari RNA, protein, dan komponen lipid.

Sabun bisa membunuh virus? Memang apa kandungan utamanya?

Ya, sabun dapat membunuh virus. Komponen utama sabun adalah surfaktan seperti sodium lauryl suphate, sodium dodecyl sulphate, sodium palmate, dll. 

Bagaimana cara sabun membunuh virus?

Komponen surfaktan dari sabun mengikat diri dengan komponen protein dan lipid dari virus sehingga memutus rangkaian partikel virus, mengurai proteinnya dan seluruh komponen virus pecah. Dengan demikian, virus menjadi rusak dan tidak bisa menginfeksi manusia. 

Mana lebih baik, sabun atau handrub berbasis alkohol?

Para ahli mengungkapkan tata cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik adalah yang terbaik dan efisien dalam membunuh virus, bakteri, dan patogen lain di permukaan telapak tangan. Akan tetapi, apabila kondisi tidak memungkinkan, maka substitusi dengan handrub berbasis alkohol juga dapat digunakan.

Apa maksudnya sabun lebih baik dan efisien daripada hand rub berbasis alkohol?

Penggunaan alkohol langsung pada permukaan tangan dapat meningkatkan risiko kerusakan lapisan kulit. Hal ini dapat menyebabkan keringnya lapisan kulit dan dapat menimbulkan iritasi. Selain itu, sabun lebih ekonomis dan tidak memiliki risiko mudah terbakar.

Apakah ada penelitian terkait efektivitas sabun dalam membunuh virus?

Sebuah penelitian kolaborasi di Australia yang dipublikasikan dalam jurnal medis  Clinical Infectious Diseases oleh Oxford Academics menunjukkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan jumlah virus H1N1 dari kisaran 100 juta partikel hingga ke batas tidak terdeteksi. Sementara, desinfeksi yang menggunakan alkohol menyisakan lebih banyak partikel daripada mencuci tangan dengan sabun. Namun, pada kedua cara, virus sudah memasuki jumlah yang tidak dapat bereplikasi kembali atau sudah mati. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan peneliti dari Belanda yang menyatakan hasil yang serupa pada virus jenis lain.

Referensi

  • Grayson, M.L., et. al. Efficacy of Soap and Water and Alcohol-Based Hand-Rub Preparations against Live H1N1 Influenza Virus on the Hands of Human Volunteers. CID 2009; 48: 285-291.
  • Tuladhar, E., Hazeleger, W. C., Koopmans, M., Zwietering, M. H., Duizer, E., & Beumer, R. R. (2015). Reducing viral contamination from finger pads: handwashing is more effective than alcohol-based hand disinfectants. Journal of Hospital Infection, 90(3), 226-234.