Lanjut ke konten
Kawal COVID-19
Mode warna

Coronavirus: Apa yang Bisa Dilakukan Anak-Anak?

Yuk, simak hal apa saja yang dapat dilakukan anak-anak terkait coronavirus!

Kawal COVID-19's Avatar
Kawal COVID-19Tim administrator situs KawalCOVID19.id

Berapa besar kemungkinan saya terinfeksi?

Dibandingkan dengan orang dewasa, tidak banyak anak-anak yang terinfeksi Coronavirus atau COVID-19. Apabila anak-anak terinfeksi, akibatnya tidak separah yang terjadi pada orang dewasa. Para dokter masih meneliti alasannya. Namun, anak-anak yang terinfeksi COVID-19 akan merasakan gejala yang sama, seperti pilek atau flu. 

Bagaimana saya melindungi diri?

Seperti halnya saat melindungi diri dari jenis virus lain, cara terbaik untuk melindungi diri kamu dan keluarga kamu dari COVID-19 adalah:

  • Usahakan untuk tidak berada di sekitar orang yang sedang sakit.
  • Usahakan untuk menjaga jarak sekitar 1 meter dari orang yang sedang batuk atau bersin.
  • Cuci tangan kamu dengan bersih, benar, dan sering. Cuci tangan sebelum menyentuh makanan, setelah keluar dari kamar mandi, dan saat pulang dari sekolah atau luar rumah. Cuci tangan paling tidak selama 20 detik dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimum 60%.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  • Tutup mulut kamu dengan lekukan dalam siku kamu saat bersin atau batuk, kemudian jangan lupa cuci tanganmu.

Apa yang harus saya lakukan ketika mulai merasa tidak enak badan?

Seperti yang biasa kamu lakukan, sampaikan ke orang tuamu atau orang dewasa lainnya jika kamu merasa tidak enak badan. Jika hal ini terjadi di sekolah, beritahu gurumu. Sampaikan sakit apa yang kamu rasakan, misalnya, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau kamu merasa panas dan berkeringat. 

Orang tuamu akan menghubungi dokter dan memastikan agar kamu mendapatkan penanganan yang dibutuhkan. Kemungkinan dokter akan meminta kamu untuk istirahat di rumah atau datang ke kantornya. 

Bagaimana jika ibu, bapak, kakek, atau nenek saya terinfeksi Coronavirus?

Dalam situasi seperti sekarang, wajar jika kamu mengkhawatirkan anggota keluarga. Besar kemungkinan orang dewasa tidak meninggal karena virus meskipun beberapa orang bisa sakit parah saat terinfeksi. Hal terbaik untuk dilakukan jika salah seorang anggota keluarga terinfeksi adalah dengan menelepon dokter. Dokter akan memberikan perawatan dan bantuan yang dibutuhkan.

Apakah binatang peliharaan saya bisa terinfeksi Coronavirus?

Kemungkinan tidak. Para ahli meyakini virus itu berasal dari hewan liar di sebuah pasar di Tiongkok. Kucing, anjing, dan hewan peliharaan lainnya sepertinya tidak terinfeksi virus ataupun menyebarkannya kepada orang-orang.

Namun, hewan peliharaan dapat membawa beberapa penyakit. Jadi, alangkah baiknya jika kamu selalu mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan setelah bermain dengan hewan peliharaan.

Apalagi yang bisa saya lakukan?

Dokter, perawat, dan orang-orang yang dilatih untuk mengatasi keadaan darurat sudah dipersiapkan untuk menangani wabah Coronavirus ini. Sekolah kamu mungkin sudah memiliki rencana penanggulangan untuk menghentikan penyebaran virus ini. Akan tetapi, perlu diingat bahwa melawan sebuah virus memerlukan kerja sama. Kamu bisa memainkan peranmu, sebagai berikut:

  • Bicaralah dengan orang tuamu

Apakah kamu mempunyai pertanyaan tentang virus ini? Apakah kamu memiliki ide atau usul bagaimana keluargamu akan mempersiapkan diri? Apakah kamu khawatir? Alangkah baiknya jika kamu selalu bisa menyampaikan apa yang kamu pikirkan dan rasakan kepada orang tuamu atau orang dewasa lain yang kamu percayai. Jangan takut bertanya mengapa ini bisa terjadi atau bagaimana jika ini terjadi padamu. 

  • Sumber informasi yang benar

Informasi beredar dengan sangat cepat. Sayangnya, tidak semua informasi yang kamu temukan di Internet itu benar. Akan sangat sulit mengetahui mana informasi yang benar dan yang salah. Jika kamu memiliki pertanyaan, tanyakan pada orang tuamu atau gurumu di sekolah. 

  • Membantu

Orang dewasa memang bertanggung jawab atas rencana-rencana penanggulangan agar kamu merasa aman dan terlindungi, tetapi kamu juga bisa menawarkan bantuan pada orang tuamu. Orang tuamu mungkin akan memberikan tugas kepadamu, seperti memastikan supaya beberapa area di rumah tetap bersih. 

  • Jaga kesehatan

Pengetahuan adalah kekuatan, jadi bekalilah dirimu dengan pengetahuan. Pengetahuan tersebut akan membantumu memahami virus itu dan bagaimana cara menghadapi kuman-kuman tersebut. Pengetahuan juga akan membantumu belajar tentang sistem kekebalan tubuh. Jika kamu mengetahui bagaimana kekebalan tubuhmu bekerja, kamu bisa memperkuatnya dengan tidur yang cukup, berolahraga, dan mengkonsumsi makanan sehat. 

Lakukan hal-hal yang membuat kamu merasa senang, misalnya, pergi ke luar rumah, membaca buku, dan membuat kerajinan tangan. Kamu juga bisa menggunakan waktu luangmu untuk melakukan kegiatan-kegiatan kreatif, seperti menggambar, menulis, dan bermain musik untuk membuat dirimu senang dan santai. 

Sumber: kidshealth.org
Ditinjau oleh: Karen A Ravin, MD
Alih bahasa: Ina Satiani

Artikel asli: https://kidshealth.org/en/kids/coronavirus-kids.html