Lanjut ke konten
Kawal COVID-19
Mode warna

[SALAH] “Bawang merah yang dikupas bisa menyedot dan membunuh virus dan kuman”

Kawal COVID-19's Avatar
Kawal COVID-19Tim administrator situs KawalCOVID19.id

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa bawang merah yang dikupas bisa menyedot dan membunuh virus dan kuman adalah klaim yang salah.

Klaim ini adalah hoaks lama yang kembali diedarkan dan dikaitkan dengan wabah koronavirus COVID-19 yang terjadi sejak akhir tahun 2019 sampai saat artikel ini disusun.

Pada tahun 2009, situs pemeriksa fakta luar negeri, snopes.com telah mengklarifikasi klaim ini melalui artikel berjudul “Do Onions Fight Off the Flu Virus?”. Dalam artikel ini snopes menyatakan bahwa menempatkan bawang potong dalam mangkuk di sekitar rumah Anda tidak akan melawan virus flu.

Klaim bahwa potongan bawang merah mampu menyerap dan menghancurkan virus, bakteri, dan parasit lainnya adalah salah dan telah menjadi kepercayaan tradisional sejak lama namun klaim tersebut tidak didukung dengan aspek ilmiah.

Salah satunya dijelaskan National Onion Association (NOA). Sebuah organisasi yang mewakili petani, pedagang, eksportir, dan importir bawang merah di Amerika Serikat yang ada sejak 1913.

Disadur dari: https://turnbackhoax.id/2020/03/23/salah-bawang-merah-yang-dikupas-bisa-menyedot-dan-membunuh-virus-dan-kuman/

Pesan dari KawalCOVID19.id:

  • Hingga saat ini,BELUM ADA obat atau perawatan yang terbukti secara ilmiah dapat MENCEGAH orang dari penularan koronavirus CoViD-19, baik itu bawang merah, bawang putih, perak, maupun obat keras seperti klorokuin. 
  • Koronavirus CoViD-19 bukanlah influenza, dan sangat menular melalui kontak antar manusia. 
  • Yang terbaik yang bisa dilakukan adalah mencegah kontak dengan menjaga jarak sosial, tinggal di rumah, dan bila harus keluar mempraktikkan kebersihan diri saat keluar dan sepulang dari luar rumah. Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu yang terbukti membunuh virus korona yang menempel di tangan anda.  
  • JANGAN membeli dan mengkonsumsi obat keras tanpa resep dokter.